Senin, 07 Oktober 2013

contoh kasus etika bisnis II



Citibank Tak Curigai Gaya Hidup Mewah Malinda

Jakarta - Citibank mengungkapkan tidak melihat gejala 'aneh' dari gaya hidup mewah Malinda Dee selama bekerja di Citibank. Pihak Citibank tidak juga menaruh curiga terhadap kekayaan relationship manager yang telah bekerja selama 30 tahun ini.

"Kita tidak punya info perubahan sikap hidup yang bersangkutan (Malinda Dee)," ujar Citi Country Officer (CCO) Citibank Indonesia Shariq Mukhtar dalam rapat dengan DPR, BI dan Polisi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2011).

Shariq mengatakan hal tersebut menanggapi pertanyaan Anggota DPR Komisi XI Arif Budimanta yang mengaku heran atas kekayaan dan mobil mewah yang dimiliki oleh Malinda Dee.

"Apakah ada perubahan gaya hidup di MD yang diketahui Citibank? Serta dokumentasi Citibank? Karena selama 30 tahun MD menunjukkan perubahan. Ini perlu ini, karena pengawasan internal kan salah satunya melihat dari sikap para pegawainya," tanya Arif.

Shariq hanya menambahkan pihak Citibank tidak menaruh curiga atas perubahan gaya hidup Malinda Dee.

"Kecuali dia sering mengemudikan mobil dan berganti. Karena suaminya bekerja di dealer mobil ini dampak dari pada kegiatan suaminya bidang penyediaan mobil-mobil," tambah Shariq.

Lebih jauh Arif menyimpulkan, adanya fraud (pembobolan) dan kolusi yang dilakukan Malinda Dee adalah bagian daripada ketidaktaatan dan ketidakpatutan etika bisnis SOP (standar prosedur operasi). Seharusnya karyawan dilakukan rotasi secara rutin.

Seperti diketahui, kasus pembobolan dana nasabah Citibank oleh Malinda Dee alias Inong Malinda telah menggegerkan masyarakat.

Malinda yang merupakan mantan Relation Manager dijerat pasal 49 ayat 1 dan 2 UU No 7 tahun 1992 sebagaimana diubah dengan UU No 10 tahun 1998 tentang perbankan dan atau pasal 6 UU No 15 tahun 2002 sebagaimana diubah dengan UU No 25 tahun 2003 sebagaimana diubah dengan UU No 8 tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang.

Citibank telah menyampaikan rilis mengenai kasus ini. Mereka menjamin perlindungan bagi dana milik nasabahnya terkait kasus penggelapan dana miliaran itu. Citibank menegaskan semua nasabah aman dan akan diberi penggantian bagi yang dirugikan.

sumber : http://finance.detik.com/read/2011/04/06/170356/1610237/5/citibank-tak-curigai-gaya-hidup-mewah-malinda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar